Minggu, 08 Juli 2007

DESKRIPSI MATA KULIAH JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN

1. Pemerintahan Dan Politik Lokal
Mata kuliah ini membahas tentang Pemerintahan dan Politik Lokal, kedudukan Pemerintahan dan Politik Lokal dalam Politik, unsur-unsur Pemerintahan dan Politik Lokal yang mencakup :
a. Keseimbangan
b. Kewenangan
c. Kepemimpinan
d. Massa.

2. Komunikasi Pemerintahan
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian komunikasi politik/pemerintahan, elemen-elemen dalam proses komunikasi, sistem komunikasi, teknik-teknik informasi, publik opini dan politik, propaganda, komunikasi dalam politik dan pemerintahan, komunikasi timbal balik dari atas ke bawah (top down) dan dari bawah ke atas (Bottom up) serta hubungan antara instansi/aparat politik dan pemerintahan.

3. Masalah Pembangunan Politik
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah pokok dalam pembangunan politik terutama di negara-negara sedang berkembang. Substansi perkuliahan meliputi : teori tentang development, konsep-konsep pembangunan politik, , masyarakat transisi,integrasi nasional, stabilitas dan instabilitas, demokrasi, birokrasi dan pembangunan, militer dan politik serta pembangunan ekonomi.

4. Pemikiran – Pemikiran Politik
Mata kuliah ini membahas pemikiran politik yang hidup di Indonesia yaitu menggambarkan kerangka pemikiran politik modern di Indonesia, rivalitas antara aliran-aliran pemikiran politik sebelum proklamasi (1908-1945), Aliran pemikiran politik (1945-1965) dan pemikiran politik Orde Baru. Mata kuliah ini juga akan menjelaskan kaitan antara pemikiran politik dengan politik-/kekuatan politik dalam sejarah politik Indonesia.

5. Etika Pemerintahan
Mata kuliah ini membahas tentang etika dan persoalan-persoalan etis dalam pemerintahan, etika dimensi politis manusia, legitimasi kekuasaan pemerintahan, etika dalam praktek pemerintahan, masalah-masalah etika pemerintahan, etika Pancasila, etika pegawai negeri, etika jabatan, dan masalah korupsi. Pembahasan diawali dengan pengertian/definisi etika pemerintahan, kedudukan etika pemerintahan, manusia dan nilai, Pemerintah sebagai manusia, kesadaran moral, masalah baik dan buruk, tingkah laku moral, masalah legitimasi kekuasaan pemerintahan, penerapan etika dalam pemerintahan, sampai dilemma birokrasi, dilemma demokrasi, dan aspek etis kekuasaan

6. Analisa Kekuatan Politik Di Indonesia
Mata kuliah ini akan membahas tentang kekuatan-kekuatan politik yang ada dengan mengkaji posisi aktor dan atau organisasi sebagai kekuatan politik dalam konstalasi politik nasional. Secara khusus mata kuliah ini memperbincangkan pembentukan dan peranan kekuatan-kekuatan politik, partai politik, kelompok kepentingan dan organisasi atau kelompok-kelompok strategis seperti militer, birokrasi, mahasiswa, LSM dan orgainsasi masyarakat.

7. Sosiologi Politik
Mengkaji variabel-variabel Sosiologi untuk menjelaskan realita dan fenomena politik secara khusus, mata kuliah ini akan membahas latar belakang dan ruang lingkup sosiologi politik, pendekatan-pendekatan dalam sosiologi politik, struktural fungsional, konflik, kelas elite dan pluralis serta konsep-konsep pokok dalam sosiologi politik, perubahan dan tertib sosial, klasifikasi dan ketimpangan sosial, mekanisme politik, partisipasi politik, sosialisasi dan kebudayaan politik.

8. Politik Keuangan Negara - Daerah
Mata kuliah ini bermaksud untuk mendeskripsikan, menjelaskan mengenai karakteristik, penyebab dan konsekuensi dari proses, pembuatan dan penerapan kebijakan keuangan negara dan daerah, terutama penganggaran berdasarkan satu pendekatan yang menggabungkan prespektif politik dan ekonomi dalam suatu kerangka berpikir yang utuh. Dengan asumsi bahwa proses pembuatan penerapan kebijakan keuangan adalah upaya kolektif, bukan individual.

9. Asas Hukum Tata Negara (AHTN)
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar dan ruang lingkup mengenai asas hukum Tata Negara, terutama pengertian tentang batasan hukum tata negara, sumber pokok (Landasan Hukum) Hukum Tata Negara. Selanjutnya juga membahas masalah konstitusi dan latar belakang penyusunannya serta materi perkuliahan ini menyajikan kepada mahasiswa bagaimana sistem pemerintahan dan mekanisme pelaksanaannya menurut UUD 1945.

10. Pengantar Ilmu Pemerintahan
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Pemerintahan dan Ilmu Pemerintahan, selanjutnya perkuliahan ini menuntun mahasiswa untuk lebih banyak memahami hal-hal seperti obyek ilmu pemerintahan, latar belakang/asal usul kekuasaan pemerintahan, sistem pembagian kekuasaan dan bagaimana praktek penyelenggaraan dalam pemerintahan suatu negara dan berbagai jenis atau tipe-tipe badan pemerintahan. Dengan demikian mahasiswa dapat dengan mudah untuk memahami dan menganalisa serta menarik minat untuk mendalami masalah Pemerintahan (Ilmu) dan dalam praktek penyelenggaraannya.

11. Perbandingan Sistem Politik
Mata kuliah ini menawarkan pemahaman kepada mahasiswa tentang deskripsi dan eksplanasi, produk hubungan antara dua atau lebih variabel politik dalam masyarakat dengan cara melihat persamaan dan perbedaan untuk mencapai simpulan melalui berbagai pendekatan yang ada dalam ilmu politik. Pendekatan tersebut meliputi : pendekatan klasik, kelembagaan, struktural – fungsional, budaya politik, sistem dan pendekatan konflik.

12. Kepemimpinan dalam Pemerintahan
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian kepemimpinan serta perbedaannya dengan konsep manajemen. Juga akan menekan pada konsep-konsep teori kepemimpinan, syarat-syarat, sifat-sifat, bentuk-bentuk, teknik, peranan dan tipe (style) kepemimpinan. Mata kuliah ini juga akan mengarah dan menuntun mahasiswa untuk melihat tentang bagaimana sebenarnya. Kepemimpinan dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan menurut sistem pemerintahan yang akan dianut dan bagaimana pula mekanisme kepemimpinan pemerintahan.

13. Organisasi Internasional dan Politik Luar Negeri
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengertian dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengetahuan organisasi dan administrasi internasional, sehingga mahasiswa dapat melihat arti pentingnya organisasi internasional dalam pergaulan internasional yang terus berkembang sesuai dengan dinamikanya. Materi perkuliahan ini membahas masyarakat internasional, kedudukan dan fungsi serta kekuasaan organisasi internasional, hal-hal yang mendorong timbulnya ide organisasi internasional, sejarah perkembangan organisasi ini, PBB, alat perlengkapan dan perkembangan PBB, struktur organisasi, piagam, ASEAN, Non Blok serta organisasi internasional lainnya (seperti OPEC, NATO, OKI) dan sebagainya.

14. Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mengetahui tentang bagaimana munculnya hubungan pusat dan daerah. Dalam konteks ini materinya membahas tentang : konsep-konsep kekuasaan sistem penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Materi perkuliahan ini juga akan membahas masalah hubungan keuangan pusat-daerah serta konsekuensinya daripada hubungan pusat-daerah yaitu masalah pengawasan.

15. Birokrasi di Indonesia
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang sejarah pertumbuhan dan peranan birokrasi di Indonesia. Disamping itu juga membahas masalah yang dihadapi birokrasi bagi kehidupan politik dan masyarakat, dengan demikian mahasiswa dapat memahami birokrasi secara teoritis keilmuan dan dapat melihat serta menganalisa birokrasi dalam praktek di Indonesia pada saat ini.

16. Sistem Kepartaian dan Pemilu di Indonesia
Mata kuliah ini bertujuan untuk menjelaskan sistem kepartaian, tipologi partai-partai, teori-teori pemilihan umum, prilaku pemilih dan hubungan antara sistem kepartaian dengan sistem Pemilu. Selanjutnya akan dideskripsikan dan dianalisa Sistem Kepartaian dan Pemilu di Indonesia.



17. Hukum Tata Pemerintahan
Mata kuliah ini membahas pertumbuhan terminologi hukum tata pemerintahan yang berasal dan termasuk Hukum Administrasi Negara, membahas penentuan skop Hukum Tata Pemerintahan melalui rumusan teori/definisi para ahli hukum serta metode pemisahan hukum tata pemerintahan dengan hukum tata negara dalam arti luas, membahas tindakan/perbuatan hukum alat perlengkapan negara terutama dari bentuk ketetapan sebagai landasan hukum dalam era pembangunan yang dikaitkan dengan tujuan negara sebagai negara kesejahteraan serta Peradilan Tata Usaha Negara.

18. Teori Pembangunan
Mata kuliah ini memberikan pengertian dan pemahaman kepada mahasiswa tentang paradigma-paradigma pembangunan. Pembangunan diartikan sebagai suatu perubahan sosial yang direncanakan (Planned Societal Change). Mata kuliah ini juga bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengertian dan pemahaman tentang konsep-konsep pembangunan sebagai suatu perubahan sosial multi dimensi yang terencana dan dapat membandingkan paradigma yang satu dengan paradigma yang lain. Diharapkan cakrawala pengetahuan mahasiswa menjadi luas, mampu mengembangkan analisa tentang konsep-konsep pembangunan.

19. Metodologi Ilmu Pemerintahan (MIP)
Mata kuliah ini menawarkan bahasan tentang kedudukan ilmu pemerintahan diantara ilmu-ilmu sosial, terutama ilmu politik. Dimulai dengan menjelaskan makna metodologi, alur berfikir ilmu pengetahuan , tugas dan fungsi ilmu pemerintahan, peristiwa pemerintahan baik melalui tradisi positivisme atau behavioralisme. Setelah itu, mahasiswa diarahkan untuk memahami ruang lingkup, objek dan pendekatan dalam ilmu pemerintahan yang disesuaikan dengan arah dan tuntutan perkembangan ilmu pemerintahan di Indonesia.

20. Politik dan Hukum Agraria
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan agraria di Indonesia baik jaman penjajahan Belanda maupun setelah Indonesia merdeka, sehingga akan jelas perbedaan dualisme hukum pertanahan pada jaman Hindia Belanda dan unifikasi hukum pertanahan setelah Indonesia merdeka.

21. Sistem Pemerintahan Desa
Mata kuliah ini bertujuan untuk menggambarkan kepada mahasiswa tentang dinamika pemerintah desa di Indonesia baik secara historis maupun dengan keluarnya UU No. 22 Tahun 1999 juga membicarakan dinamika pembangunan desa baik yang terdapat pada negara yang sedang berkembang maupun pembangunan desa yang berlaku di Indonesia, terutama sejak masa pemerintahan orde baru.

22. Sistem Pemerintahan Daerah
Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori distribusi kekuasaan, kewenangan, desentralisasi, dekonsentrasi, serta tugas pembantuan. Kemudian membahas tentang perkembangan dan dinamika pemerintahan daerah di Indonesia sejak Indonesia Merdeka.

23. Kebijaksanaan Pemerintahan
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang tugas-tugas pemerintahan dalam mengatur masyarakat. Dan juga menjelaskan latar belakang, kontribusi dari ilmu politik terhadap kebijaksanaan pemerintah. Selanjutnya mata kuliah ini membahas beberapa model / pendekatan-pendekatan perumusan kebijaksanaan pemerintah, implementasi, kebijaksanaan dan evaluasi kebijaksanaan.

24. Organisasi Dan Manajemen Pemerintahan
Mata kuliah ini menjelaskan organisasi pemerintahan secara nasional, provinsi, kabupaten dan pemerintahan desa/kelurahan. Penekanan mata kuliah ini diarahkan pada pentingnya manajemen bagi pemerintah untuk mengukur pada organisasi pemerintah pada level manapun. Dimana perkuliahan ini menekankan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen pada level supra struktur.

25. Pengawasan Pemerintahan
Mata kuliah ini menguraikan pentingnya pengawasan sebagai fungsi manajemen bagi pemerintahan untuk mengendalikan pemerintahan. Selanjutnya juga akan dibahas proses dan macam pengawasan, fungsi dari institusi fungsional dalam hal pengawasan terhadap pemerintahan.

26. Sistem Pemerintahan Indonesia
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian sistem pemerintahan, ruang lingkup, objek, tujuan, tugas, dan fungsi negara/pemerintah, hubungan sistem pemerintahan dengan sistem politik, sistem pemerintahan Indonesia ( tujuh kunci pokok pemerintahan negara, sistem pemerintahan menurut sifatnya, dan ciri-ciri sistem pemerintahan negara), asas-asas penyelenggaraan pemerintahan (asas pemerintahan negara hukum, asas pemerintahan konstitusional, dan system pemerintahan demokrasi), kekuasaan penyelenggaraan pemerintahan negara

27. Teori Politik
Mengkaji teori-teori politik normatif yang dititikberatkan pada kajian filsafat politik klasik dan abad pertengahan. Disamping itu juga mengkaji teori-teori politik empirik atau juga dikenal teori politik kontemporer. Secara khusus mata kuliah ini memperbincangkan teori-teori tentang : kekuasaan politik, keputusan politik, sistem politik, kelompok kepentingan dan partai politik serta konflik-konflik politik.

28. Ekologi Pemerintahan
Mata kuliah ini menguraikan mengenai istilah ekologi, unsur-unsur pemerintahan serta orang-orang (penguasa/pemerintah), factor-faktor atau unsur-unsur ekologi pemerintahan, pengaruh factor-faktor-faktor tersebut terhadap pemerintahan, terutama di negara Republik Indonesia.

29. Proses Legislasi Di Indonesia
Mata kuliah ini membahas tentang proses pembuatan kebijakan publik di lembaga legislatif pusat maupun daerah di Indonesia. elemen-elemen yang terintekrasi dalam pembuatan kebijakan publik tersebut.
Mata kuliah ini juga menjelaskan tentang pembuatan peraturan perundang-undangan dari rancangan sampai penetapannya, dan hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam pembuatan peraturan perundang-undangan tersebut (UU dan Perda).

Tidak ada komentar: